Transportasi di Cambodia



Berkunjung ke tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya pasti memberikan sejuta pertanyaan di benak kita. Misalkan saja apa yang harus kita lakukan setelah sampai? Kemana selanjutnya?  Transportasi apa yang digunakan?  Berapa harganya? Atau mungkin bebagai pertanyaan lain, apa lagi kita mengatur perjalanan kita sendiri. Rasa waswas pasti selalu ada, yang akan membuat kita menjadi waspada.

Nah kali ini, saya akan share pengalaman saya selama berada di Cambodia. Negara ini adalah salah satu negara yang memang sangat ingin saya kunjungi terutama untuk melihat secara langsung situs sejarahnya yaitu Angkor Wat. Tentu banyak hal yang harus diperhitungkan untuk mencapai tempat yang kita inginkan. Tidak hanya akomodasi, makanan atau tiket masuk. Tapi yang sangatlah penting untuk diperhatikan adalah moda transportasi yang akan digunakan.

Lalu bagai mana dengan transportasinya?

Bandara – Kota Phnom Penh
Phnom Penh International Airport adalah bandara utama yang menjadi pintu masuk wisatawan yang berkunjung ke Cambodia. Dari bandara ke pusat kota membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 menit tergantung kondisi di jalan.  Terdapat berbagai pilihan transportasi dari bandara ke kota. Mulai dari Tuk tuk, bus, taksi, hingga kereta. Namun khusus untuk kereta akan mulai beroperasi tahun ini. Untuk tuk tuk, akan dikenakan biaya 9 US$ per tuk tuk sekali jalannya. Sedangkan bus akan dikenakan biaya 5 US$ per orang sekali jalan.

Phnom Penh – Siem Reap
Bagi anda yang ingin berkunjung ke Angkor Wat, maka kota satu ini harus anda kunjungi. Angkor Wat terletak di Siem Reap, yakni sebuah provinsi yaang terletak di Barat Laut Ibu Kota Cambodia yaitu Phnom Penh. Untuk mencapai provinsi ini bisa melalui Phnom Penh kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus, ataupun dengan penerbangan langsung ke Siem Reap. Jika anda ingin menggunakan bus dari Phnom Penh ke Siem Reap, akan memakan waktu sekitar 5 sampai 7 jam. Harganyapun bervariasi. Ada yang murah sekitar 5 US$ sampai 20US$. Beberapa tulisan yang menyertakan review bus menyarankan untuk menggunakan bus seperti Giant Ibis atau Mekong Express yang harganya mencapai 20 US$. Saya sendiri mendapatkan bus dengan harga 12 US$. Busnya sendiri sebenarnya cukup nyaman,  lengkap dengan AC. Namun sayangnya waktu tempuh dari Phnom Penh hampir mencapai 7 jam. Bus ini berhenti hampir setiap saat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Karena penggunanya adalah masyarakat lokal, ya bisa diayangkan seperti bus antarkota.

Tuk tuk
Sebagian besar masyarakat Cambodia menggunakan sepeda motor / mobil untuk transportasi pribadi. Untuk transportasi umum,  Tuk tuk measih menjadi transportasi umum favourite bagi mereka. Harga tuk tuk pun bervariasi tergantung kemana tujuan anda. Tak hanya itu tuk tuk pun bisa dipesan untuk digunakan 1 hari full atau mungkin bahkan selama anda liburan. Intinya kalau mau pesan tuk tuk sepakati harga terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika anda sempat survey harga terlebih dahulu sehingga anda tidak akan merasa tertipu. Oh ya, tuk tuk disini ada aplikasi onlinenya juga, namanya pass app. Jadi kalau mau cari harga pembanding bisa melalui aplikasi ini.

Bus
Bus adalah transportasi andalan di negara ini. Bus disini juga banyak jenisnya dan terdiri dari berbagai harga.  Mulai yang murah (sekitar 5 US$) sampai yang bagus (sekitar 20 US$). Jika perjalanan anda memakan waktu lama, akan lebih baik jika menggunakan bus dengan kelas yang lebih tinggi.  Karena bus dengan harga yang murah sebagian besar digunakan oleh masyarakat lokal. Seperti halnya saya menggunakan sebua bus menuju Siem Reap yang diisi sepenuhnya oleh masyarakat lokal. Ada yang pakai balsem, membuat bus berbau semerbak. selain itu, tak satupun yang bisa bahasa inggris. Bus yang ternama di Cambodia adalah Mekong Express (sekitar 12 US$) dan Giant Ibis (sekitar 20 US$). Saya menggunakan bus ini dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh di Vietnam. Suasananya nyaman, bagasi kita dikelola dengan baik lengkap dengan label jadi gak perlu takut tertukar. Selain itu penumpang juga mendapat snack, air dan tissue. Irusan imigrasipun dibantu dengan sangat baik.

Saran mengunjungi Cambodia
1.       Pastikan daerah mana yang akan anda kunjungi di Cambodia
2.       Cari informasi yang cukup terutama transportasi yang akan anda gunakan
3.       Tetap waspada saat di jalan,  karena lalulintasnya cukup semrawut dan pencopetan
4.       Hotel di Cambodia bisa dipesan melaui aplikasi online mulai harga 100.000an hingga jutaan rupiah.
5.     Mata uang yang umum digunakan di Cambodia adalah riel dan US$ (sebagian besar menggunakan US$)
6.       Tidak semua hotel menyediakan sarapan.
7.     Harga makan di Cambodia relatif terjangkau. Warung kecil di pinggir jalan menyediakan makanan mulai dari harga 1.5 US$. Sedangkan rumah makan yang cukup bagus mulai dari 5 US$
8.  Jika anda mengunjungi Angkor Wat, lebih baik menyewa tuktuk untuk berkeliling,  mengingat arealnya yang sangat luas dan banyak candi yang tersebar di dalam kawasan.



Comments