Security Check di bandara Vietnam sampai harus buka sepatu?

     Photo by : http://detak.co/

Keamanan memang telah menjadi concern utama dalam dunia penerbangan.  Tidak hanya sekali,  pemeriksaan keamaman di bandara bisa berlapis – lapis. Mulai dari baru masuk,  hingga sebelum memasuki ruang tunggu. Pemeriksaan keamaman tersebut meliputi barang bawaan hingga penumpang itu sendiri.

Lalu apa yang berbeda dengan yang terjadi di Ho Chi Minh International Airport?

Kita mulai dari counter check in. Pada beberapa bandara, maskapai penerbangan menyediakan konter check in sendiri (self check in) termasuk low cost carrier seperti Air Asia.  Bagi saya hal ini sangat memudahkan penumpang, khususnya yang hanya membawa bagasi kabin, sehingga tidak perlu antre di check in counter.  Ketika saya memasuki Bandara Ho Chi Minh ini,  saya tidak melihat satupun self check in milik Air Asia. Sehingga saya harus antre di check in counter.  Rencana awal,  saya memang tidak memasukkan bagasi mengingat saya hanya membawa koper kecil, dan memang baik – baik saja saat check in di Indonesia ataupun di Thailand.  Namun disini,  semua barang saya harus ditimbang dan ternyata beratnya melebihi 7kg, yang notabene harus membayar bagasi sebanyak 40 US$ (sekitar Rp. 565.000).

Well,  setelah lolos dari check in counter,  maka saya harus melalui Imigrasi untuk pemeriksaan paspor.  And everything is fine. Keanehan tersebut terjadi pada saat memasuki security check.  Biasanya,  penumpang harus melepas jaket, topi, kacamata, jam tangan dan ikat pinggang.  Barang – barang tersebut bisa dimasukkan ke dalam tas atau pada tempat barang yang telah disediakan.  Namun di bandara ini,  tidak hanya barang – barang itu yang harus kita lepaskan, tetapi juga sepatu. Dan barang – barang elektronik seperti smartphone,  tablet, laptop hingga dompet dikeluarkan dari dalam tas dan diletakkan pada tempat yang disediakan.

Entah memang standar keamanannya yang terlalu tinggi, atau memang alatnya yang kurang canggih? Tapi ya memang begitulah kondisi bandara ini.

Bagi anda yang berencana mengunjungi Vietnam khususnya Ho Chi Minh City dan menggunakan Low Cost Carrier seperti saya, sebaiknya lakukan pembelian bagasi secara online terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang lebih murah (jika barang bawaan anda banyak). Atau jika anda tidak ingin membeli bagasi, yakinkan bahwa barang bawaan anda tidak melebihi batas yang telah ditetapkan oleh maskapai yang anda gunakan.

Happy travelling :)

Comments