Lion Air Pertama di Asia Pasifik, Garuda Indonesia Menyusul



Siapa yang tak tahu Lion Air Group? Maskapai penerbangan berbiaya rendah ini telah merajai segmen pasar menengah ke bawah dalam dunia aviasi di Indonesia. Tak hanya dalam negeri, maskapai ini juga telah mengepakkan sayapnya ke kancah internasional dengan membuka anak perusahaannya di Malaysia (Malindo Air), hingga Thailand (Thai Lion Air).

Baru-baru ini, Lion Air kedatangan pesawat terbarunya yakni Airbus A330-900 Neo seri terbaru dan menjadi maskapai pertama di Asia Pasifik yang mengoperasikan pesawat tipe ini. Pesawat dengan nomor registrasi PK-LEI ini didatangkan dari parikan Airbus di Toulouse, Perancis dan tiba di Jakarta pada tanggal 20 Juli 2019.



Lion Air nampaknya belum menggunakan pesawat ini pada rute komersil miliknya, melainkan memilih meyewakan pesawat ini. Seperti dilansir dari Flight Radar 24, pesawat teranyar Lion Air ini justru digunakan oleh maskapai Flynas asal Saudi Arabia bersama dengan pesawat seri A330-300 milik Lion Air lainnya.



Berbeda dengan Lion Air, Garuda Indonesia justru masih menunggu kedatangan pesawatnya dengan tipe yang sama. Pesawat ini direncanakan akan tiba di Indonesia pada bulan September 2019, dan akan tiba 3 unit pesawat hingga akhir tahun. Saat ini pesawat A330-900 Neo pesanan Garuda Indonesia tengah melalui proses perakitan di pabrikan Airbus yang berlokasi di Toulouse, Perancis.

Comments