NIKMATI KEINDAHAN SALJU DAN SAKURA PADA SAAT BERSAMAAN DI GUNUNG SEORAK - KOREA SELATAN



Annyeonghaseyo!! Back again to my travel notes. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saat mengunjungi Gunung Seorak di Korea Selatan. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari rangakaian pegunungan Taebaek yang berlokasi di Provinsi Gangwon. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi ke-3 di Korea Selatan setelah Gunung Halasan di Pulau Jeju dan Gunung Jirisan di bagian selatan dari Korea Selatan.


Untuk mencapai puncak gunung ini, kita tidak perlu susah-susah mendaki, karena telah disediakan cable car, yang akan membawa kita hingga ke puncak gunung, dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit. Nah, dari stasiun cable car ini, kita perlu berjalan kaki menyisiri jalan berbatu hingga benar-benar tiba di puncak gunungnya, yang memakan waktu sekitar 15 menit.


Ketika tiba di puncak Gunung Seorak, anda akan disambut dengan hamparan rangkaian pegunungan nan indah dengan dinding-dinding batu yang kokoh. Dari puncak gunung ini, anda juga bisa melihat pusat kota Seoul dari kejauhan.

Berkunjung ke Gunung Seorak sejatinya bisa dilakukan kapan saja, karena setiap musim tentu akan memiliki sensasi yang berdeda. Pada musim semi misalnya, gunung ini akan dihiasi oleh vegetasi pepohonan yang sudah mulai menghijau disertai dengan bunga-bunga yang tumbuh bermekaran. Sedangkan pada musim panas, anda hanya akan melihat pepohonan yang lebat yang daunnya mulai sedikit menguning dan tentunya dengan suhu yang cukup panas untuk sebuah puncak gunung. Pada musim gugur, anda akan disajikan dengan dedaunan yang berwarna kecokelatan dan gugur berjatuhan. Dan pada musim dingin, anda hanya akan melihat tumpukan salju yang membuat seluruh pegunungan berwara putih.


Kebetulan sekali ketika saya datang ke Korea Selatan, saya menargetkan musim semi. Namun ternyata musim semi tahun ini sedikit terlambat, sehingga ketika tiba disana, udara masih sangat dingin, yakni berkisar antara 00 sampai 50 C. Pada peralihan musim seperti ini, saya mendapat pemandangan yang bagi saya begitu menakjubkan ketika berkunjung ke Gunung Seorak. Pasalnya, Saya bisa melihat salju yang memutih di puncak pegunungan Taebaek, serta pepohonan yang mulai tumbuh daun, hingga bunga sakura yang mulai mekar di saat yang bersamaan. What an epic journey!

Areal Gunung Seorak ini sangatlah luas, selain atraksi utama yakni puncak gunungnya, pada areal ini juga terdapat patung iconic yakni patung beruang. Selain itu, juga ada patung Buddha yang megah, candi, hingga air terjun. Jadi kalau mau berkunjung sampai puas, bisa memakan waktu seharian lho.


Jadi buat anda yang ingin merasakan sensasi yang sama, bisa datang ke Korea Selatan di akhir bulan Maret atau Awal April, karena bulan April biasanya sudah mulai masuk musim semi dan salju sudah hilang, tergantikan dengan bunga sakura yang bermekaran.

Simak juga video lengkap perjalanan saya di Korea Selatan pada link berikut: 

Comments