Keeping Bali Clean - Igor Tamerlan (Lyrics)



Bali Clean and Green nampaknya mulai terbagun dari tidurnya yang cukup panjang. Setelah dilahirkan oleh periode pemerintahan 10 tahun lalu sekaligus menjadi salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Bali tahun 2008 – 2013, nampaknya program ini tidak terlalu memberikan hasil yang siginifikan. Hal ini terjadi karena kurangnya awareness masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersiahan lingkungan.

Di akhir tahun 2018, niat Pemerintah Provinsi Bali untuk memerangi sampah plastik dan meningkatkan kebersihan lingkungan mulai digencarkan dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai yang ditetapkan pada bulan Desember 2018. Peraturan serupa nyatanya juga telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar pada bulan Oktober 2018 yakni Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Dengan adanya kedua peraturan tersebut, masyarakat Bali pada awal tahun 2019 secara resmi berperang melawan sampah plastik. Dengan adanya koordinasi dan promosi yang baik, awareness masyarakat terhadap peraturan baru ini tergolong tinggi. Hal ini juga didukung oleh sebagian besar toko retail di Bali, mulai dari mini market hingga super market tidak lagi menyediakan kantong plastik untuk konsumennya.

Jauh sebelum peraturan tersebut dibuat, nyatanya banyak aktivis lingkungan yang telah resah dengan kondisi Bali yang semakin kotor dan tercemar. Salah satunya adalah seorang maestro musik Igor Tamerlan. Igor Tamerlan Djoehana Wiradikarta lahir di Den Haag – Belanda, 5 September 1954. Sebagai seniman musik Igor Tamerlan banyak memadukan musiknya dengan unsur musik tradisional Indonesia khususnya musik tradisional Bali. Igor Tamerlan meninggal di Yogyakarta, 17 Januari 2018 pada umur 63 tahun. Salah satu karyanya mengisahkan keresahannya akan Bali, dimana Bali yang begitu indah, namun semakin rusak karena sampah dan pencemaran. Melalui karyanya yang berjudul “Keeping Bali Clean” Ia mengajak suluruh masyarakat untuk menjaga keindahan Bali dengan menjaga keberhisannya. Dan berikut adalah lirik lagu Keeping Bali Clean:

Genah tiang deriki ring Nusa
Sunah sekadi taman iderin samudra
Manah titiang nyaga tetamian
Sekancan bunga tetep mekembang

Sujati titiang ngastiti
Nanging tetamanan sampun pada layu
Titiang uning wantah ngalubne
Sane ngeranayang lega ring Bali

Janji titiang matur ring Bali
Mogi-mogi dane ngerti
Napi sane kenehang titiang
Nyaga Bali bersih

I'm lucky to live on an island
That looks like a garden floating in the ocean
I want to be the gentle gardener
That keeps every plant growing forever

Sure I care for what's all around me
But ground, air and water are becoming dirty
I know it is the garden beauty
That keeps everyone happy in Bali

So I promise to keep Bali clean
To show some respect and discipline
I hope you understand what I mean
By keeping Bali clean

Hana to yume no rakuen
Tori wa utai kaze ga soyogu
Kono shima wa itsu daatte
Boku tachi no takara mono

Mamoritai itsumademo
Umi ni utabu kono kaoseki
Tasukeo yakusoku sa
Eien no ai no shima

Sekai ni tane wo mako
Dai kara hajime yo
Mioro kara kono shima
by keeping Bali clean

Ku tinggal di pulau yang indah
Bagai sebuah taman di tengah samudera
Aku ingin memeliharanya
Hingga berkembang untuk selamanya

Niatku membela lingkungan
Namun alam kian penuh pencemaran
Bali indah bagaikan taman
Dimana tumbuh kebahagiaan

Ku berjuang agar di Bali
Rasa disiplin dan peduli
Membuat kita sepenuh hati
Jaga Bali bersih

So I promise to keep Bali clean
To show some respect and discipline
I hope you understand what I mean
By keeping Bali clean

Nah itu dia lirik lagu Keeping Bali Clean dari Igor Tamerlan. Semoga dengan adanya peraturan baru, masyarakat Bali dan Indonesia pada umunya semakin peduli akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi Bali dan Indonesia yang indah, bersih dan sehat.

Let’s keep Bali Clean!

Comments