Kebun Bunga di Desa Belayu yang Instagramable



Hi Semua, sudah jalan-jalan minggu ini?

Jalan-jalan kini telah menjadi rutinitas yang tak bisa dilewatkan oleh masyarakat khususnya generasi millennial. Pasalnya, dengan aktivitas yang padat dan beragam, tubuh kita perlu waktu untuk penyegaran kembali. Nah salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan untuk setidaknya melupakan sejenak rutinitas yang menyita tenaga dan pikiran kita.

Untuk mengimbangi antusiasme masyarakat dalam hal mengisi “leisure time”, beberapa waktu belakangan banyak sekali muncul tempat-tempat wisata baru yang beragam. Salah satunya adalah kebun bunga yang berlokasi di Desa Adat Belayu, Marga, Tabanan. Kali ini saya akan memberikan review saya tentang tempat ini.

Terdapat 2 buah kebun bunga yang berlokasi di Desa Adat Belayu ini, yakni Sun Flower Garden dan Belayu Florist. Keduanya menyuguhkan kebun bunga dengan jenis tanaman Bunga Matahari dan Bunga Celosia. Karakter dari kedua tempat ini 80% sama guys. Bedanya ada di penataan kebunnya dan hiasan tambahannya. Jika di Belayu florist pengunjung disajikan dengan gapura bambu, dan Menara berhiaskan bunga matahari, maka di Sun Flower Garden, pengunjung akan disambut dengan patung Dewi Sri dan miniatur Menara Eiffel.

Sun Flower Garden

 Belayu Florist


Harga tiket masuk cukup murah yakni Rp. 5.000 untuk Belayu Florist dan Rp. 10.000 untuk Sun Flower Garden. Is that price worth? Jika kita berbicara apakah harga tersebut layak atau tidak, maka akan sangat tergantung preferensi masing-masing wisatawan. Secara keseluruhan, harga itu tergolong murah untuk sebuah tempat wisata. Namun, bagi saya sendiri, dengan harga segitu setidaknya wisatawan bisa dapat lebih dari sekedar melihat bunga dan berfoto.

Kenapa harganya berbeda, sedangkan produknya sama?

Kendati kedua tempat ini memiliki produk yang relatif sama, namun dari sisi luas kebun, dan atraksi tambahan sedikit berbeda. Sun Flower Garden memiliki tempat yang lebih luas, dengan kebun bunga yang lebih luas pula. Penataannyapun masih lebih estetis dibandingkan Belayu Florist. Keduanya sama-sama memiliki Bale Bengong untuk beristirahat. Tambahannya, Sun Flower Garden menyediakan beberapa kursi Panjang di tengah kebun bunga serta miniatur Menara Eiffel yang bisa dinaiki, dan hal itu tidak dimiliki oleh Belayu Florist. Jadi wajar ya, jika harganya berbeda.

Sun Flower Garden

Sun Flower Garden

Jika dinilai dengan skala 1 - 5, maka saya akan memberikan nilai 3,5 untuk kedua tempat ini.
Meski masih perlu improvement, namun tempat ini sangat layak untuk dikunjungi sebagai atraksi wisata alternatif di Kabupaten Tabanan. Selain itu, dengan adanya tempat ini, juga dapat meningkatkan pendapatan dan pemeberdayaan masyarakat lokal. Jadi manfaat dari pariwisata bisa dinikmati oleh masyarakat lokal secara langsung. Maka dari itu, yuk berkunjung ke Sun Flower Garden dan Belayu Florist, untuk meningkatkan kepariwisataan di tingkat masyarakat lokal dan pengelola juga dapat meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan.

Comments