IKUTI JEJAK RUTE LONDON, GARUDA TERBANG DENPASAR – AMSTERDAM VIA MEDAN




Garuda Indonesia bulan Juli lalu kembali memodifikasi rute Jakarta – London miliknya menjadi Denpasar – London via Medan. Nampaknya langkah yang diambil Garuda tersebut, lebih menguntungkan dari rute yang terjadwal sebelumnya.  Awal bulan Oktober ini Garuda Indonesia kembali melakukan modifikasi rute penerbangannya yakni Jakarta – Amsterdam yang diubah menjadi Denpasar – Amsterdam via Medan.

Rute ini dilayani setiap hari dengan pesawat berbedan lebar yakni Airbus A330 – 200 dan Boeing 777-300 ER. Penerbangan Denpasar – Amsterdam dengan nomor penerbangan GA88 tersebut, berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali pada pukul 20.25 WITA dan tiba di Medan pukul 23.15 WIB. Penerbangan kemudian kembali dilanjutkan dari Bandara Kualanamu Medan pada pukul 23.55 WIB dan tiba di Amsterdam pukul 07.50 CET keesokan harinya. Sedangkan rute sebaliknya menggunakan nomor penerbangan GA89 dimana penerbangan ini berangkat dari Schiphol pada pukul 12.05 CET, dan tiba di Medan 06.25 WIB keesokan harinya, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Pulau Dewata Bali pada pukul 07.05 WIB dan tiba di Bali pada pukul 11.05 WITA. Nantinya, penerbangan ini direncanakan akan dilayani dengan pesawat terbaru Garuda Indonesia yakni Airbus A330-900 Neo yang direncanakan akan tiba di Tanah Air pada bulan ini.

Perubahan rute yang dilakukan oleh Garuda Indonesia, selain untuk meningkatkan keterisian pesawat, juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara, dimana wilayah ini merupakan salah satu Destinasi Prioritas yang dikembangkan oleh pemerintah, serta untuk mengembangkan Medan sebagai HUB penerbangan untuk wilayah Indonesia bagian Barat. Bali memang telah menjadi HUB Garuda Indonesia untuk berbagai rute penerbangan internasional seperti Asia dan Australia. Dengan dipindahkannya 2 rute Eropa yang dimiliki Garuda Indonesia ke Bali, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Eropa ke Pulau Dewata serta melebarkan sayap Garuda pada pasar Eropa yang melayani penerbangan langsung ke surga wisata di Indonesia tersebut.

Comments