EVAKUASI WARGA, DERETAN MASKAPAI ASING BERTANDANG KE BALI



Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali merupakan bandara tersibuk ke dua di Indonesia setelah Bandara Sekarno-Hatta di Cengkareng. Bagaimana tidak, bandara ini menjadi pintu masuk bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Pada tahun 2019, jumlah penumpang pesawat udara yang terbang melalui bandara ini telah mencapai 24.169.561 orang baik domestik maupun internasional, dengan total pergerakan pesawat mencapai 115.334 penerbangan.

Awal tahun 2020 mungkin menjadi masa yang sulit. Tidak hanya bandara Ngurah Rai di Bali, tetapi seluruh bandara di dunia terlihat lengang, akibat travel restriction untuk menghambat penyebaran virus Corona. Pemerintah dari beberapa juga melakukan kerjasama dengan maskapai penerbangan di negaranya untuk menjemput warga negaranya yang sedang berada di berbagai belahan dunia, termasuk di Bali.

Akhir bulan Maret 2020 kemarin, terjadi pemandangan yang sedikit berbeda di langit Bandara Ngurah Rai Bali. Langit yang biasanya dihiasi oleh berbagai pesawat dari penerbangan berjadwal regular baik domestik maupun internasional, kini tampak sangat lengang. Bahkan jumlah penerbangan berjadwal bisa dihitung jari perharinya. Terutama penerbangan internasional, dimana penerbangan yang masih beroperasi hanyalah maskapai Qatar Airways yang melayani penerbnagan ke Doha dan Garuda Indonesia yang melayani penerbnagan ke Jepang, Korea dan Australia, pun dengan frekuensi yang lebih sedikit dari pada biasanya.

Uniknya, langit Bandara Ngurah Rai pada beberapa hari terkahir di bulan Maret justru dihiasi oleh beberapa maskapai asing yang tidak pernah melakukan penerbangan berjadwal di Bandara Ngurah Rai. Penerbangan ini dilaksanakan guna menjemput warga negara asing untuk kembali ke negaranya masing-masing. Beberapa maskapai tersebut antara lain:
No
Maskapai
Rute
Tipe Pesawat
1
LOT Polish Airlines
Warsaw (WAW) – Denpasar (DPS)
Boeing 787-9 Dreamliner
2
KLM Royal Dutch Airlines
Amsterdam (AMS) – Denpasar (DPS)
Boeing 777-200 ER
3
Qatar Airways
Doha (DOH) – Denpasar (DPS)
Boeing 777-300 ER
4
Condor Flugdienst
Frankfurt (FRA) – Phuket (HKT) – Denpasar (DPS)
Boeing 767-300
5
Austrian Airlines
Vienna (VIE) Kuala Lumpur (KUL) – Denpasar (DPS)
Boeing 777-200 ER
6
Latam Airlines
Johannesburg (JNB) – Denpasar (DPS)
Airbus A350-900 XWB
7
Latam Airlines
Sao Paulo (GRU) – Denpasar (DPS)
Airbus A350-900 XWB
8
Wamos Air
Madrid (MAD) – Denpasar (DPS)
Boeing 747-400
Update 3 April 2020
9
Air Europa
Madrid (MAD) – Denpasar (DPS)
Boeing 787-9 Dreamliner
10
Wamos Air
Malaga (AGP) – Denpasar (DPS)
Boeing 747-400

Comments