TRAVELING DI ERA NEW NORMAL, APA SAJA SIH YANG HARUS DISIAPKAN?



Traveling kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang di berbagai belahan dunia. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, mengakibatkan perjalanan liburan pun terhenti, karena setiap orang dihimbau untuk tetap di rumah. Seiring dengan perkembangan yang terjadi, di beberapa negara jumlah kasus aktif covid-19 telah mengalami penurunan, hal ini juga memungkinkan negara-negara tersebut mulai membuka aktivitas perekonomian hingga aktivitas pariwisatanya.

 

Saat ini Indonesia juga tengah mempersiapkan era new normal dalam bidang pariwisata dengan persiapan protokol kesehatan yang sesuai untuk pelaku pariwisata maupun wisatawan. Pembukaan kembali daya tarik wisata di Indonesia ini, direncakan akan didahului dengan pasar domestik yang nantinya baru akan diikuti dengan pembukaan untuk wisatawan internasional.


Nah untuk perjalanan menggunakan pesawat udara sendiri ada beberapa hal khusus yang perlu dipersiapkan yang sudah diatur oleh airline masing-masing. Sebagai customer, kita harus jeli membaca semua persyaratan yang diminta oleh airlines sehingga tidak ditolak oleh petugas saat akan check in di bandara. Namun secara umum hal-hal yang perlu dipersiapkan sebagai kelengkapan perjalanan tambahan di era new normal meliputi:

1. Health Certificate

Surat keterangan yang menyatakan negative covid-19 baik berupa rapid test non reaktif ataupun hasil uji swab yang negative menjadi persyaratan mutlak bagi penumpang pesawat udara saat ini. Kedepannya health certificate ini tentunya juga akan tetap diperlukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan semua pihak.

Selain itu, saat tiba di bandara tujuan anda juga akan diminta mengisi declaration form. Jika sebelum pandemi declaration form ini hanya diwajibkan pada perjalanan internasional terkait dengan tindakan kriminalitas dan barang bawaan, maka di era new normal declaration form terkait kondisi kesahatan akan menjadi suatu kewajiban.

2. Surat Tugas / Surat Izin

Bagi anda yang melakukan perjalanan bisnis atau perjalanan dinas, tentu bisa menyertakan surat perintah tugas, surat izin atau surat rekomendasi dari pihak tertentu, yang menyatakan urgensi melakukan perjalanan.

3. Masker dan Obat Pribadi

Masker saat ini sudah menjadi benda wajib dalam kehidupan keseharian kita. Maskerpun tersedia dalam berbagai pilihan. Namun, bijak-bijaklah dalam memilih masker. Perhatikan bahan yang digunakan dalam pembuatan masker, bukan hanya anti bakteri dan anti air, tetapi juga yang nyaman untuk kita gunakan dalam waktu yang cukup lama. Ingatlah juga untuk membawa masker cadangan agar masker yang kita gunakan tetap steril.

Jangan lupa bawa juga vitamin dan obat pribadi ya guys. Ini untuk memastikan kondisi anda tetap fit dalam melakukan berbagai aktivitas saat traveling tentunya. Karena sedikit saja anda sakit, liburan yang harusnya menyenangkan bisa jadi buyar tuh.

4. Hand Sanitizer

Hand sanitizer juga menjadi benda wajib yang harus kita bawa kemanapun kita pergi. Saat ini rajin mencuci tangan merupakan cara paling ampuh dalam menghindarkan diri dari virus corona. Namun, tidak semua tempat yang kita kunjungi menyediakan tempat cuci tangan. Disinilah hand sanitizer akan sangat berguna bagi kita. Namun ingat, ketika ada tempat cuci tangan segeralah lakukan cuci tangan untuk menghilangkan residu dari hand sanitizer itu sendiri.

5. Tissue Basah

Jika anda hendak bersin, alangkah baiknya menutupi hidung dan mulut dengan tissue basah. Hal ini akan membantu mengurangi droplets yang menempel pada permukaan masker anda.


Selain memperiapkan beberapa kelengkapan tambahan tersebut di atas, persiapan perjalananpun juga harus lebih extra dari biasanya nih guys. Nah berikut beberapa tips dalam mempersiapkan perjalanan di era new normal:

1. Pilah Pilih Tempat Tujuan Wisata

Memilih tempat tujuan wisata akan menjadi sedikit lebih rumit dari biasanya. Sebagai traveler yang bijak, anda harus mengetahui status dari negara atau daerah atau destinasi yang akan anda kunjungi. Apakah tempat tersebut termasuk zona aman atau zona bahaya covid-19. Travel warning dari suatu negara juga sangat perlu diperhatikan agar tidak beli kucing dalam karung ya guys. 

2. Rencanakan Jauh Hari

Saat ini pergerakan perjalanan masyarakat masih sangat terbatas dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Bagi anda yang sudah memiliki rencana untuk liburan baik di dalam maupun di luar negeri, mulai saat ini sudah bisa mempersiapkan untuk berburu tiket dan hotel ya. Karena saat ini ada banyak promosi paket wisata dengan harga murah yang bisa digunakan hingga tahun depan.

3. Siapkan Asuransi Perjalanan

Ditengah ketidakpastian seperti saat ini, travel insurance merupakan salah satu obat penenang dalam perjalanan wisata. Bahaya memang bisa datang dari mana saja guys, terlebih lagi infeksi covid-19 yang begitu cepat dan luas. Tentu kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada diri kita, namun tidak ada salahnya melakukan tindakan preventif kan? Asuransi perjalanan ada beberapa jenis, pilihlah yang sesuai kebutuhan anda.

Sebagai tindakan pencegahan, ingatlah selalu waspada akan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Tetap jaga jarak aman dan bersihkan tangan sesering mungkin, sehingga kita tetap aman dalam melakukan kegiatan berwisata.


 

Dokumen perjalanan yang diperlukan untuk maskapai Garuda Indonesia bisa dilihat di sini.


Be a smart traveler!


Comments